Program Latihan Dada Fitness

 Training

SeputarFitness.com – Seperti yang sudah kita janjikan tempo hari pada artikel “Tips Memperbesar Otot Dada, Bahu, dan Punggung”, kami akan memberikan list beberapa latihan yang bisa anda lakukan untuk masing-masing otot tersebut secara lebih lengkap. Kali ini, kita akan memulai dari latihan dada terlebih dahulu.

Dada merupakan salah satu otot besar yang menjadi favorit untuk dibesarkan. Tentu saja selain kesehatan, agar tubuh terlihat lebih macho dan menarik. Bagaimana latihan dada yang bisa anda lakukan? Yuk simak selengkapnya berikut ini.

Beberapa Pilihan Latihan Dada dalam Fitness

  • Knee Push Up. Bagian ini sudah kita jelaskan kemarin. Tapi tak ada salahnya kita ulangi, yaitu dengan melakukan push up yang bertumpu pada kedua lutut. Gerakan ini akan menimbulkan kontraksi otot di sekitar dada. Otot utama yang dibesarkan adalah pectoralis major. Pernafasannya, ambil nafas saat turun, dan keluarkan saat naik.

Knee Push Up

  • Hindu Push Up. Untuk hindu push up, silahkan lihat kembali pada Tips memperbesar otot dada, bahu, dan punggung.
  • Spartans Push Up. Latihan ini merupakan variasi push up yang cukup advance. Caranya yaitu seperti push up biasa, namun tangan lebih lebar. Kemudian angkat kedua tangan secara bersamaan, dan ganti posisi jatuhnya tangan secara bergantian dengan posisi satu tangan maju, dan tangan yang lain mundur. Lebih jelasnya lihat pada gambar. Untuk pernafasan, ambil saat turun, dan keluarkan saat naik.
Spartan Push Up Latihan Dada

Tangan kiri maju, tangan kanan mundur

Spartan Push Up 2

Perhatikan posisi, dan otot yang bekerja

  • Dumbbell Presses on Swiss Ball. Silahkan lihat kembali di bagian tips memperbesar otot dada, bahu, dan punggung.
  • Flat Dumbell Press. Gerakan ini tak jauh berbeda dengan Dumbbell presses on Siwss ball, hanya saja anda berbaring di bench atau kursi sehingga kepala tetap bersandar pada kursi.  Gerakan utama sama, yaitu mengangkat beban, kemudian menurunkannya sejajar dengan bahu.

Flat Dummbell Press

  • Flat Dumbell Fly. Merupakan variasi dari gerakan-gerakan dumbbell press, dan berfungsi melatih otot lain selain otot dada, yaitu deltoid pada bahu, otot pada lengan, dan juga punggung. Baiknya, gerakan ini juga mampu melatih otot pectoralis baik mayor maupun minor secara bersamaan. Caranya dengan mengambil posisi berbaring di bench, dengan kaki menempel dan punggung harus rata dengan bench atau kursi. Lengan lurus di depan dada sambil memegang dumbell. Kemudian membuka tangan setengah lingkaran dengan posisi siku ditekuk. Pada saat dumbell dibawah, siku sejajar dengan bahu atau tidak boleh lebih rendah. Pernafasannya dengan cara menarik saat turun, dan menghembuskan nafas saat meluruskan beban di depan dada.

Flat Dummbell Fly

  • Burpees. Ini adaah latihan yang cukup kompleks, karena melakukan berbagai gerakan yang cukup banyak. Lihat gambar untuk lebih jelasnya.

Ambil posisi berdiri tegap, kemudian jongkok dan tangan menempel ke lantai seperti gambar, lakukan push up.

 Burpees 1

Setelah sampai bawah, angkat kembali tubuh seperti pada push up biasa, kemudian ambil posisi jongkok seperti gerakn sebelumnya, dan kembali berdiri.

Burpees 2

Itulah beberapa latihan dada yang bisa anda lakukan. Selain membentuk otot dada, beberapa latihan juga memberi manfaat lain pada bahu. Lengan, dan punggung. Anda bisa memulai dengan 3 set 8-12 repetisi, dan kombinasikan gerakan untuk menghindari kebosanan. Selamat mencoba dan Salam Sehat.

Incoming search terms:

  • manfaat push up
  • program latihan fitnes
  • program latihan fitness
  • latihan otot dada
  • latihan dada