Pola Makan Sehat Untuk Healthy Lifestyle

 Health

SeputarFitness.com – Pola makan sehat merupakan salah satu unsur penting untuk menciptakan sebuah “healthy lifestyle” yang sekarang ini banyak dikesampingkan orang. Semakin sibuknya dunia sampai-sampai semua orang seperti kehilangan waktu bersantai, bahkan harus mencuri-curi waktu untuk makan. Pola makan yang tadinya teratur pun bisa berubah ke arah yang kurang baik yakni terlalu sering mengonsumsi junk food sebagai solusi kepraktisan.

Perubahan pola makan sehat yang terjadi pada kaum urban nan modern, bisa menimbulkan berbagai macam penyakit yang tidak terjadi seketika, namun melalui proses yang cukup panjang. Namun, karena gaya hidup yang semakin jauh dari kata sehat, orang muda kini pun memiliki risiko yang cukup besar mengalami penyakit degeneratif seperti stroke, diabetes, jantung koroner, obesitas, darah tinggi, dan lainnya.

Pola Makan Sehat Untuk Diet

Prinsip Pola Makan Sehat

Jumlah Makanan

Jumlah makanan yang kita konsumsi sehari-hari hendaknya sesuai dengan kebutuhan aktivitas yang kita lakukan. Seperti anda yang sedang melaksanakan training program, juga membutuhkan asupan makanan yang lebih karena aktivitas yang lebih. Keseimbangan antara asupan makanan dengan energi yang kita keluarkan secara mudah bisa dilihat dari berat badan.

Meskipun bukan tolak ukur yang pasti, namun berat badan yang ideal cenderung lebih tahan terhadap penyakit, apalagi jika keseimbangan makanan tetap terjaga.

Jenis Makanan

Bukan hanya jumlah asupan yang penting untuk diperhatikan untuk membentuk pola makan yang baik, namun kandungan dari setiap jenis makanan yang kita konsumsi juga perlu diperhatikan. Tubuh kita membutuhkan berbagai komposisi makanan seperti karbohidrat, protein, dan lemak.  Untuk pengetahuan dasar, sebaiknya komposisi makanan yang menjadi asupan untuk tubuh kita terdiri dari kurang lebih 55 % karbohidrat, 15 % protein, dan 30 % lemak. Selain itu kebutuhan akan air mineral juga wajib diperhatikan, minimal 8 gelas sehari.

Untuk mendapatkan karbohidrat, anda bisa mengonsumsi makanan seperti nasi, singkong, ketela, dan roti. Untuk mendapatkan protein yang terbagi atas hewani dan nabati, anda bisa mengatur rotasi makanan seperti telur, susu, daging, tempe, kacang-kacangan, tahu, dan lain-lain. Sedangkan lemak, alangkah baiknya jika membiasakan konsumsi lemak tak jenuh yang berasal dari minyak zaitan, minyak kanola, ataupun minyak wijen yang baik untuk kesehatan jantung.

Jadwal Makan

Setelah memperhatikan jumlah makanan, serta jenis makanan yang kita konsumsi, prinsip selanjutnya adalah mengatur jadwal makan agar tercipta pola makan sehat yang ideal. Sebaiknya, makan besar 3 kali sehari, dan dua kali makan snack bisa menjadi pilihan. Makan besar di pagi, sore, dan malam hari. Atau pagi, siang, dan malam hari. Sedangkan di sela-sela waktu itu, ketika merasa lapar anda bisa konsumsi snack yang bergizi.

Pola makan sehat untuk diet, tidak perlu terlalu extrem mengurangi konsumsi makanan, namun bisa dengan cara makan sedikit tapi sering.

Dengan pola makan sehat serta olahraga teratur, niscaya kesehatan kita akan lebih terjaga dengan baik. “Healthy Lifestyle” adalah pilihan.

Incoming search terms: