Pola Makan dan Menu Makanan Diet Sehat

 Health

SeputarFitness.comPola makan dan menu makanan diet yang tepat, merupakan salah satu faktor penting untuk menunjang keberhasilan proses diet yang anda jalankan. Tanpa perpaduan keduanya, dan tentunya dengan gaya hidup lain seperti olahraga, maka perjuangan diet pun bisa menjadi sia-sia.

Bagaimanakah pola makan sehat ketika diet? Dan apa saja menu makanan diet yang sehat?

Banyak orang yang meyakini bahwa proses diet = tidak makan, dan itu sama sekali tidak benar. Meskipun diet, tubuh tetap membutuhkan asupan nutrisi yang seimbang. Meskipun cara extreem bisa berhasil, namun jatuhnya kepada diet yang tidak sehat sehingga justru bisa menjadi bumerang yang merugikan kesehatan.

Pola makan sehat yang sebaiknya anda jalankan, justru bisa dengan melawan arus yang selama ini mungkin anda percaya. Makan sering tapi sedikit, adalah cara diet yang justru menurut banyak pelaku diet lebih efektif ketimbang mengurangi jumlah asupan makanans ecara extreem.

Pola Makan dan Menu Makanan Diet

Sarapan

Untuk sarapan, bisa menggunakan susu whey protein dengan satu buah pisang atau 2 buah telur rebus. Selain  menu tersebut, anda bisa menggunakan omelet dan sayur-sayuran seperti sawi, jamur, brokoli yang sangat baik untuk membantu proses diet dan memiliki kandungan nutrisi yang bisa menahan rasa lapar cukup lama.

Pola Makan dan Menu Makanan Diet Sehat

Snack Siang

Konsumsi snack atau ngemil tetap diperlukan, untuk menjaga kondisi badan. Tentunya, dengan snack yang sehat. Contohnya satu buah apel. Ketika merasa lapar sebelum masuk jam makan siang, anda bisa konsumsi buah apel untuk menambah energi. Buah apel mengandung banyak serat yang selain berfungsi membantu lancarnya metabolisme tubuh, juga bermanfaat menahan rasa lapar.

Makan Siang

Setelah masuk jam makan siang, anda bisa mengganti nasi putih yang selama ini dikonsumsi dengan nasi merah. Nasi merah memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang sangat bermanfaat sebagai sumber energi. Bahkan, kandungan nutrisi yang terdapat pada nasi merah lebih baik dibandingkan nasi putih biasa. Makanan lain yang mengandung karbohidrat kompleks lainya adalah ubi, roti gandum, dan juga oatmeal.

Pola Makan dan Menu Makanan Diet Gula Merah

Snack Sore

Snack sore bisa dikonsumsi sekitar pukul 16.00 – 17.00. Anda bisa konsumsi pisang, apel, atau jeruk. Atau jika bosan dengan buah-buahan, anda bisa mengganti dengan yogurt yang mengandung karbohidrat, kalsium dan juga protein.

Makan Malam

Untuk makan malam, anda bisa mencoba menu makanan diet berupa oatmeal. Oatmeal juga bisa digantikan untuk menjadi pengganti nasi putih saat makan sahur di bulan puasa. Jika anda kurang suka dengan oatmeal, bisa diganti dengan dada ayam tanpa kulit, atau ikan salmon yang memiliki kandungan omega 3 dan protein yang tinggi.

Selain makan-makanan diatas, kacang-kacangan, sawi, brokoli, putih telur, tahu, tempe, dll. Sedangkan untuk suplemen tambahan, bagi anda yang juka sedang belajar memulai fitness, bisa mencoba konsumsi BSN Hyper Shred. Selamat mencoba, dan Salam Sehat !!!

Incoming search terms:

  • makanan untuk fitnes
  • makanan fitnes
  • menu makanan fitnes
  • pola makan fitnes
  • Menu fitnes