Manfaat Latihan Kardio Secara Rutin

 Fat Loss, Health, Training

Manfaat Latihan Kardio Secara Rutin

                                           Manfaat Latihan Kardio Secara Rutin

 

Jika Anda ingin fitness, cobalah untuk latihan kardio. Dengan latihan secara rutin, Anda akan mendapatkan manfaat yang baik untuk tubuh Anda, khususnya kesehatan jantung.

Riset membuktikan bahwa seseorang yang latihan kardio secara rutin akan meningkatkan sistem kardiorespirasi. Kardiorespirasi sendiri adalah kinerja jantung, paru-paru dan pembuluh darah dalam menyerap oksigen untuk disebarkan ke seluruh jaringan tubuh. Sehingga dampaknya akan mampu meningkatkan metabolisme tubuh Anda.

Itu salah satu manfaat yang bisa dapatkan latihan kardio. Masih banyak lagi manfaat yang bisa Anda dapatkan.

Mampu menurunkan tekanan darah tinggi

Latihan kardio juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Karena kinerja jantung yang optimal dalam memompa darah ke suluh tubuh, membuat sirkulasi darah di dalam tubuh menjadi normal. Efek ini bisa Anda rasakan dalam minggu pertama setelah latihan rutin.

Latihan kardio cocok untuk Anda yang memiliki tekanan darah tinggi, bisa dijadikan sebagai terapi.

Kolesterol darah akan terkontrol

Sejatinya di dalam tubuh manusia ada dua jenis kolesterol, yakni Kolesterol Jahat (Low Density Lipoproteion) dan Kolesterol Baik (High Density Lipoproteion). Nah, kolesterol jahat akan memicu beberapa risiko penyakit, seperti stroke dan serangan jantung. Hal ini dikarenakan kolesterol jahat bisa mengendap dalam pembuluh darah.

Untuk mengatasi itu, kolesterol baik harus ditingkatkan agar mampu mengurangi risiko tersebut. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan olahraga latihan kardio.

Jika Anda merasa kolesterol jahat di dalam tubuh tinggi, sebaiknya bisa melakukan latihan kardio mulai sekarang.

Baca juga: Cara Membakar Lemak Terbaik, Kardio atau Angkat Beban?

Anda tidak mudah sakit

Karena latihan kardio secara rutin mampu meningkatkan kinerja jantung, pernafasan, dan pembuluh darah, maka efeknya akan berdampak pada metabolisme tubuh Anda. Kesehatan tubuh Anda meningkat dan tentunya tidak mudah sakit, apalagi ketika pergantian cuaca.

Sirkulasi oksigen ke otak juga akan lancar dan paru-paru Anda akan sehat.

Lalu bagaimana latihan kardio yang benar? Karena latihan kardio itu bisa dilakukan dengan berbagai cara dan media, sebaiknya Anda bisa konsultasikan kepada ahlinya. Jika Anda memang ingin latihan kardio di tempat gym, maka sebaiknya Anda menyewa trainer yang telah berpengalaman.

Sehingga dalam melakukan latihan kardio nanti Anda bisa melakukan dengan aman, tepat dan tidak menimbulkan cedera. Kalau pun ingin melakukannya di rumah, juga harus dikonsultasikan terutama masalah gerakan dan bentuk latihannya.

Jika Anda baru melakukan latihan kardio untuk pertama kalinya, jangan sampai melakukannya secara paksa. Lakukan latihan kardio yang ringan dulu dengan intensitas waktu yang tidak terlalu lama. Yang penting adalah bisa melakukan latihan secara rutin dulu.

Agar latihan kardio Anda bisa optimal, jangan lupa juga untuk memberikan asupan nutrisi untuk tubuh. Latihan kardio cukup menguras tenaga, sehingga tambahan nutrisi sangat diperlukan. Selain untuk mengganti energi yang hilang, juga bisa sebagai penunjang untuk mendapatkan kesehatan yang optimal.

Incoming search terms:

Author: