Manfaat Caffein atau Kopi Sebelum Latihan Fitness

 Health

SeputarFitness.com – Apakah anda sudah tau manfaat caffein atau kopi sebelum berolahraga, termasuk juga latihan fitness? Kopi merupakan salah satu minuman yang sangat familiar di setiap keluarga di Indonesia. Apalagi, Indonesia merupakan salah satu penghasil kopi terbaik dunia dengan kopi arabika. Kopi biasanya banyak dikonsumsi di sela-sela waktu santai sambil ngobrol dengan kawan, atau nongkrong di coffee shop juga menjadi gaya hidup tersendiri sekarang ini.

Manfaat Kopi Sebelum Workout

Ternyata, bukan hanya rasanya yang nikmat saja, kopi juga memiliki beberapa khasiat yang patut untuk dicermati, dalam hal ini khususunya terkait dengan olahraga. Hal ini juga senada seperti yang diungkapkan oleh Molly Kimball, R.D., yang merupakan seorang pakar diet di Ochsner’s Elmwood Fitness Center, Amerika Serikat. Kopi, terbukti bisa meningkatkan stamina serta ketahanan fisik.

Manfaat Kopi / Caffein Sebelum Olahraga

Membantu proses pembakaran lemak

Kasiat ini salah satunya diteliti oleh Australian Institute of Sport, yang menemukan fakta menarik bahwa mengonsumsi secangkir kopi dapat memacu penggunaan lemak sebagai sumber energi, meskipun masih ada karbohidrat. Artinya, meminum kopi bisa meningkatkan proses pembakaran lemak, bahkan peningkatan tersebut bisa mencapai 100 % seperti yang dilansir melalui LiveStrong.

Inilah salah satu poin mengapa kopi dianggap bisa membantu menurunkan berat badan, karena meningkatnya pembakaran lemak yang terjadi dalam tubuh. Selain pembakaran lemak, konsumsi caffein dalam secangkir kopi juga meningkatkan proses metabolisme tubuh.

Manfaat Caffein atau Kopi Sebelum Olahraga

Mengurangi Nyeri

Konsumsi caffein dalam jumlah yang normal, juga bermanfaat untuk meminimalisir timbulnya rasa nyeri setelah berolahraga. Hal ini dikarenakan caffein yang terdapat pada kopi bisa menghambat adenosin, yakni sistem saraf tulang belakang dan otak yang menghantarkan rasa nyeri tersebut.

Meningkatkan daya tahan

Seperti yang diungkapkan oleh Molly Kimball, R.D., pada pembukaan artikel ini, pakar diet tersebut mengungkapkan bahwa sejumlah pelari jarak jauh merasakan lebih ringan karena meningkatnya ketahanan fisik setelah mengonsumsi caffein dalam secangkir kopi. Tak jauh berbeda, penelitian yang dilakukan di Inggris juga menghasilkan fakta yang sama yakni orang yang pesepeda yang mengonsumsi kopi sambil mengayuh, mampu mengayuh sepedanya lebih jauh dibandingkan dengan meminum air biasa.

Kaitanya dengan latihan, anda bisa mengatur pola konsumsi kopi dalam porsi yang normal. Anda bisa mengonsumsinya sekitar 30 menit sebelum melakukan kegiatan olahraga, boleh dalam kondisi dingin ataupun hangat, tetap ada khasiat dan manfaat seperti yang sudah disebutkan diatas. Namun untuk anda yang mempunyai masalah dengan pencernaan, atau memiliki gejala penyakit maag, sebaiknya lebih hati-hati lagi dalam mengonsumsi kopi karena bisa memicu munculnya sakit perut. Sebaiknya anda minum kopi setelah makan besar, dan dalam waktu yang lebih jauh dari jadwal latihan, misalnya 1 jam sebelum latihan.

Anda bisa memilih jenis kopi arabika yang menurut penelitian lebih mudah dicerna dalam saluran pencernaan, meskipun lebih mahal.

Incoming search terms: