Kegunaan BCAA Dan Glutamine Untuk Tubuh Dan Pertumbuhan Otot

 Nutrition, Supplement

SeputarFitness.comKegunaan BCAA dan Glutamine untuk tubuh dan pertumbuhan otot kita memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Karena manfaatnya yang cukup besar, BCAA dan glutamine pun saat ini banyak ditemukan sebagai komposisi berbagai suplemen kesehatan terutama untuk menunjang program fitness.

Apa itu BCAA?

BCAA Suplemen

BCAA adalah kependekan dari “Branch Chain Amino Acids”. Suplemen ini memiliki fungsi penting dalam proses pembangunan massa otot, serta meningkatkan performa fisik secara umum. BCAA merupakan kumpulan dari asam amino seperti asam amino isoleucine,leucine, dan valine. Asam amino sendiri didapatkan dari asupan makanan. Ada beberapa asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh, sedangkan 3 asam amino yang membentuk BCAA adalah asam amino sederhana dan berfungsi dalam pembentukan jaringan otot.

Kalau anda tahu, 35% dari jaringan otot yang ada di tubuh kita terbentuk oleh BCAA sehingga, peran BCAA dalam pertumbuhan otot sangatlah vital. Selain itu, BCAA juga memiliki fungsi untuk keseimbangan hormon dan fungsi otak.

Sebelum ataupun sesudah latihan merupakan waktu yang tepat untuk konsumsi suplemen BCAA. Pada saat anda sedang menjalankan latihan kardio, konsumsi BCAA sebaiknya tepat sebelum melakukan sesi latihan. BCAA yang dikonsumsi pada sesi kardio, akan mencegah terjadinya penurunan massa otot dan juga memberikan tambahan energi.

Apa itu Glutamine?

Contoh Suplemen BCAA dan Glutamine

Contoh Suplemen BCAA dan Glutamine

Glutamine adalah salah satu asam amino yang paling banyak terdapat pada tubuh manusia. Jaringan otot terbentuk dari sekitar 60% Glutamine. Selain jaringan otot, glutamine ini juga membantu kelancaran saluran pencernaan serta kekebalan tubuh. Glutamine juga ditemukan pada bagian-bagian tubuh lain seperti paru-paru, jantung, hati, otak, dan lapisan usus dan memiliki fungsi yang penting.

Beberapa fungsi glutamine dalam tubuh lainnya adalah, sebagai sumber energi untuk kekebalan tubuh, meningkatkan fungsi mental, sintesis protein otot, dan mengontrol gula darah.

Tubuh yang kekurangan glutamine akan mengalami penurunan kekuatan dan juga stamina. Pemulihan masa latihan juga akan lebih lama mencapai 6 hari untuk kembali normal. Kadar glutamine dalam tubuh juga akan berkurang ketika seseorang melakukan latihan secara intensitf. Ini juga menjadi salah satu penyebab terjadinya katabolisme otot atau penurunan massa otot jika jumlah glutamine yang tersedia dalam tubuh kita tidak mencukupi.

Glutamine berperan penting pada proses metabolisme protein, mengurangi resiko gangguan serta kerusakan jaringan otot pada saat melakukan latihan. Menurut studi, ada yang menunjukkan manfaat glutamine yaitu peningkatan terhadap HGH (Human Growth Hormone) mencapai 400%. Peningkatan tersebut diperoleh dari 2 gram suplemen glutamine.

Selain itu, pada saat latihan intenstif ternyata kadar glutamin bisa menurun drastis sampai 50%, sehingga keberadaan suplemen glutamine untuk mengembalikan kadar glutamine dalam tubuh sangatlah penting untuk menghindari kerusakan otot dan juga katabolisme otot.

Yang perlu diperhatikan adalah konsumsi glutamine untuk penderita diabetes, sebelum memilih suplemen glutamine, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter spesialis untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Jadi, kegunaan BCAA dan Glutamine selain untuk membantu pertumbuhan otot, juga untuk menjaga agar otot yang sudah dibentuk tidak mengalami katabolisme. Salam Sehat !!!

Incoming search terms:

  • fungsi glutamine
  • fungsi bcaa
  • manfaat glutamine
  • suplemen bcaa
  • kegunaan bcaa