Cara Menurunkan Berat Badan dengan Kombinasi Kardio dan Angkat Beban

 Fat Loss

SeputarFitness.comLatihan apa yang paling baik untuk membakar lemak? Kario atau Angkat Beban. Jika anda sudah membaca artikel sebelumnya, tentu sudah tau jawabannya, saya tidak berpihak kepada keduanya karena masing-masing memiliki kelebihanya sendiri-sendiri. Sehingga pilihan saya kemudian jatuh kepada Angkat Beban atau HIIT (High Intensity Interval Training).

Mengapa saya tidak memilih salah satu? Saya suka melakukan kardio, dan saya juga ingin membuat otot lebih kuat. Jika anda termasuk orang yang tidak suka melakukan kardio, maka latihan angkat beban menjadi pilihan tepat untuk membakar lemak, sehingga bisa menurunkan berat badan lebih baik.

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Kombinasi Latihan Kardio dan Angkat Beban

iStockPhoto.com

Perlu anda ketahui, banyak juga orang yang keliru berpendapat bahwa semakin banyak keringat keluar, semakin banyak lemak yang dibakar. Sehingga seringkali kita lihat ada beberapa orang yang sengaja menggunakan jaket di siang hari dengan kondisi cuaca yang panas. Tujuanya adalah membakar lemak dan menurunkan berat badan. Padahal pola latihan seperti ini bukanlah membakar lemak, tetapi yang terjadi adalah pembakaran air yang ada dalam tubuh. Sehingga, berat badan memang akan turun, tetapi bukan karena pengurangan lemak, melainkan pengurangan kadar air.

Saya lebih memilih kombinasi antara angkat beban dengan kardio, karena dapat mengambil manfaat dari keduanya. Sedangkan untuk HIIT, bisa dicoba 2-3 hari sekali dengan durasi sekitar 30 menit.

Kardio yang efektif dilakukan setelah melakukan angkat beban, bukan sebelum. Namun perlu diingat, jangan berharap tubuh anda langsung berubah menjadi berotot, sixpack, dan lain-lain. Karena fokus kita adalah menurunkan berat badan dengan cara membakar lemak yang ada dalam tubuh. Melakukan angkat beban tak hanya bertujuan membentuk tubuh, tetapi juga pembakaran lemak. Itulah kenapa saya sendiri menyukai kombinasi antara kardio dan angkat beban.

Bagaimanapun, saya masih membutuhkan latihan kardiovaskular untuk kesehatan jantung, dan juga angkat beban agar proses pembakaran lemak diiringi dengan meningkatnya kekuatan atau perbaikan sel-sel otot.

Apakah boleh kombinasi angkat beban dan HIIT?

Sebetulnya, semua bisa saja tergantung dari berbagai faktor. Seperti, berapa beban yang anda angkat? Berapa set dan berapa repetisi yang digunakan? Serta berapa lama anda latihan angkat beban? Intinya bukan boleh atau tidak, tetapi jangan terlalu memaksakan tubuh anda dalam kondisi yang sangat melelahkan. Kecuali anda bukan pemula yang sudah memiliki daya tahan tubuh dan power yang prima.

Anda bisa mencoba angkat beban selama 1 jam, dan melanjutkan kardio sekitar 20-30 menit. Jika masih kurang, anda bisa menambah porsi latihan angkat beban atau menambah jumlah set dan repetisi. Salam Sehat!!

Salah satu Suplemen untuk membantu pembakaran lemak pada pola latihan angkat beban dan kardio adalah Ultra Ripped, klik disini untuk mendapatkan info lebih lanjut.

Incoming search terms:

  • angkat beban
  • latihan beban untuk menurunkan berat badan
  • Kombinasi latihan beban dan kardio
  • cara menurunkan berat badan dengan fitnes
  • latihan fitness untuk menurunkan berat badan